kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017

kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017 - Hai sahabat jejak dosen Info Guru/Dosen, Artikel yang anda baca kali ini dengan judul kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. semoga Artikel PGSD, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017
link : kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017

Baca juga


kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017

FORMULIR
Dokumen #: UMG-S4.4
Rev #: 01
Judul : KONTRAK PERKULIAHAN
Halaman : 1 dari 1
Tanggal : 28-08-2017







Nama Mata Kuliah : Matematika 1
Kode Mata Kuliah : 14441238
Bobot SKS : 3
Semester : 1
Hari/Pertemuan : Senin/1
Tempat Pertemuan :
Dosen : Kamaluddin, M.Pd



1. Manfaat Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan matematika 1 mahasiswa mampu memahami konsep bilangan dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep matematika di sekolah dasar meliputi Sejarah Bilangan, silsilah Bilangan, Lambang Bilangan, Angka, bilangan, dan nomor, FPB KPK, Operasi bilangan, Permainan Matematika yang berhubungan dengan bilangan, Pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan

3. Capaian Pembelajaran, Capaian Pembelajaran Khusus dan Indikator
  1. Capaian Pembelajaran (CP)
Mahasiswa memahami konsep bilangan dan menggunakannya dalam pemecahan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
  1. Capaian Pembelajaran Khusus (CPK)
1. Mahasiswa mampu mengkaji konsep bilangan dan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan FPB dan KPK
2. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal operasi bilangan dan melakukan perhitungan matematika yang berhubungan dengan bilangan pada kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu membuat makalah terkait konsep bilangan
  1. Indikator
1. Mahasiswa mampu menguasai konsep bilangan
2. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah bilangan
3. Mahasiswa mampu menjelaskan silsilah bilangan
4. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan FPB dan KPK
5. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal operasi bilangan bulat positif, negative dan bilangan pecahan
6. Mahasiswa mampu melakukan perhitungan matematika yang berhubungan dengan bilangan pada kehidupan sehari-hari
7. Mahasiswa mampu membuat atau memodifikasi permainan matematika yang berhubungan dengan bilangan.

4. Materi/Bahan Bacaan/Refrensi
a. Van Dewalle,JA.1996. Elementary School Mathematics: Teaching Developmentally. New york, NY: Longman.
b. Douglas K. Brumbaugh Peggy L. Moch Mary E Wilkinson. 2005. Mathematics Content for Elementary Teachers. New Jersey London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers Mahwah.
Pustaka Penunjang :
a. Hudojo .H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud
b. Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Matematika. Jakarta : Bumi Aksara.
c. Amin, S.M. 2009. Modul Sekolah Dasar: Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Kuota 2009. Modul 8: Matematika SD . Surabaya: Unesa University Press.
  1. Mariana, Neni. 2011 . Pengembangan Bahan Ajar Cetak Matematika DIP PJJ PGSD. Unit 2: Pecahan. Belum diterbitkan.
5. Strategi Perkuliahan
Perkuliahan dilaksanakan dengan tatap muka, diskusi, dan pemecahan masalah. Materi kuliah dan bahan-bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas yaitu terstruktur, mandiri dan kelompok.

6. Tugas-Tugas
Tugas paper/makalah
Tugas paper kelompok maksimum 3 orang. Pilih salah satu judul dari topik yang akan dibahas. Buatlah paper dengan menyertakan latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari topik yang Anda pilih, dan daftar pustaka.


7. Kriteria dan Standar Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan Tes Tertulis, Lisan, Penilaian/Evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen sebagai berikut :
a. Tugas paper/makalah : 30%
b. Tugas terstruktur : 15%
c. Presensi/Demonstrasi (individu) : 10%
d. Keaktifan di kelas : 15%
e. CPK : 30%

Terkait dengan standar penilaian digunakan system Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan sebagai berikut :
Angka Mutu
(skala 0-10)
Angka Mutu
(skala 0-4)
Huruf Mutu
(Skala Kualitatif)
80 – 100
4
A
71 – 79
3,5
AB
66 – 70
3
B
61 – 65
2,5
BC
56 – 60
2
C
46 – 55
1
D
0 – 45
0
E

8. Jadwal Perkuliahan

No
Pokok Bahasan
Pertemuan Ke
1
Kontrak perkuliahan
I
2
a. Sejarah Bilangan
b. Silsilah Bilangan
II-III
3
Lambang Bilangan
Angka, bilangan, dan nomor
IV
4
FPB KPK
V - VII
5
CPK 1
VIII
6
Operasi bilangan
IX-XII
7
CPK 2
XIII
8
Permainan Matematika yang berhubungan dengan bilangan
XIV
9
Pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan
XV
10
CPK 3
XVI

9. Lain-lain
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.




Demikianlah Artikel kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017

Sekianlah artikel kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017 dengan alamat link http://jejakdosen.blogspot.com/2017/08/kontrak-perkuliahan-matkul-matematika-1.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "kontrak perkuliahan matkul matematika 1 prodi pgsd semester 1 tahun 2017"

Posting Komentar

Close here to read